Sabtu, 03 Maret 2012

Insulin dan Sediaan Insulin untuk Pengobatan Diabetes

Apakah yang dimaksud dengan Insulin dan bagaimana bekerjanya ?
Insulin merupakan hormon (substansi kimia) yang diproduksi di pankreas. Insulin berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dengan jalan membantu perpindahan glukosa dari aliran darah ke sel tubuh. Jika pankreas tidak mensuplai insulin dalam jumlah yang cukup, maka injeksi insulin setiap hari sangat dibutuhkan untuk mengontrol gula darah. Insulin hanya bisa diberikan melalui injeksi, jika diberikan secara peroral akan dirusak oleh cairan lambung.

Bagaimana Insulin digunakan ?
Dulu, insulin yang digunakan diambil dari pankreas babi dan lembu, tetapi sekarang insulin manusia adalah yang paling banyak digunakan. Meskipun insulin dibuat di laboratorium (dengan rekayasa genetika) dan bukan berasal dari pankreas manusia, insulin ini masih identik dengan insulin manusia.

Apakah ada Efek Sampingnya ?
Insulin sebenarnya bukanlah obat, tetapi merupakan substansi alamiah tubuh yang membutuhkan pergantian. Alergi terhadap insulin misalnya kemerahan pada kulit, tetapi jarang terjadi. Efek samping lain dari pengobatan dengan insulin yaitu hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah). Hal ini bisa dihindari dengan makan secara teratur dan menyesuaikan dosisnya dengan tepat. Mintalah informasi tertulis dari dokter tentang cara mencegah dan mengatasi hipoglikemia.

Bagaimana sebaiknya menyimpan Insulin supplies ?
Insulin merupakan substansi yang cepat rusak dengan pembekuan dan terurai (tapi lebih lambat) dengan pemanasan. Insulin supplies sebaiknya disimpan pada suhu ruangan atau sedikit lebih rendah, jangan disimpan dalam freezer. Simpan pada temperatur kamar dibawah 30°C, botol disimpan dalam lemari, jauhkan dari temperatur tinggi dan sinar matahari langsung.

Berapa lama Insulin Supplies bisa digunakan ?
Tanggal kadaluarsa untuk insulin yang belum dibuka tercantum di labelnya. Setelah dibuka, insulin bisa disimpan selama 6 – 8 minggu.

Insulin dibuang jika :
  1. Telah kadaluarsa.
  2. Terjadi kontaminasi terhadap clear insulin.
  3. Terjadi sedimentasi pada cloudy insulin, endapan tidak akan larut walaupun telah dikocok.

Dimana Insulin bisa didapatkan ?
Insulin bisa didapat dengan resep dokter. Insulin tersedia dalam kemasan botol 10 ml, untuk digunakan dengan syringes atau catridges (1,5 atau 2,5 ml, tergantung jenisnya) digunakan bersama dengan insulin pen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar