Sabtu, 06 Oktober 2012

SERANGAN STROKE, KECEPATAN PENANGANAN PERTAMA ADALAH YANG UTAMA

Saat awal terjadi stroke adalah saat paling krusial dan menentukan dalam penanganan stroke. Kecepatan adalah yang utama. 3 jam pertama dari kejadian gejala awal stroke adalah saat terbaik dalam Penanganan stroke. Hal ini dikarenakan, sebelum 3 jam setelah serangan stroke, kerusakan otak belum begitu luas dan parah. Bila ‘Golden Time’
3 jam ini terlewati, umumnya kerusakan yang terjadi pada otak sudah demikian parah sehingga sering membawa komplikasi stroke baik kecacatan maupun kematian.

Dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) dari Departemen Neurologi FKUI mengatakan jika mengalami atau melihat gejala seperti ini tiba-tiba mengalami kelumpuhan di salah satu sisi tubuh, bicara pelo, kesemutan di sebelah bagian tubuh atau tidak sadarkan diri sebaiknya langsung di bawa ke rumah sakit untuk ditangani dan diobati. Masyarakat kadang ada yang mengenal istilah stroke ringan jika gejala yang muncul tidak terlalu parah atau hanya sedikit tanda dan gejala yang muncul. Tapi masyarakat sebaiknya tidak menganggap remeh kondisi ini. Semakin cepat membawa pasien yang dicurigai mengalami gejala awal stroke ke UGD Rumah Sakit, semakin besar kemungkinan penderita stroke akan terselamatkan.

Jangan memberi minum pasien yang dicurigai menderita gejala awal Stroke, karena bila kesadarannya terganggu, minuman itu malah hanya akan menambah penyakit karena bisa masuk ke Paru-paru. Bila ada minuman atau cairan masuk ke paru-paru, bisa timbul radang paru-paru bahkan kematian. Jangan memberi obat apapun kepada penderita stroke, karena malah bisa membuat keadaannya bertambah parah. Yang terpenting adalah jangan menunda-nunda membawa pasien yang dicurigai stroke, karena kerusakan otak akibat stroke akan makin meluas dengan berjalannya waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar